MENENTUKAN USIA KEHAMILAN DAN SAAT PERSALINAN

Seringkali ibu hamil dibingungkan dengan berapa minggu usia kehamilannya saat ini, kapan taksiran persalinannya dsb. Hal tersebut makin membingungkan ketika melihat hasil pemeriksaan ultra sonografi yang ternyata berbeda dengan usia kehamilan sesungguhnya.

Memang menentukan usia kehamilan bukan merupakan hal yang mudah namun demikian bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Bila riwayat siklus haidnya teratur (28 hari) maka usia kehamilan bisa ditentukan dari hari pertama haid terakhir, sehingga taksiran persalinan akan mudah ditentukan dengan rumus Naegle yaitu misalnya hari pertama haid terakhir tanggal 1 januari (1-01) tanggal persalinan ditambah 7 dan bulan persalinan ditambah 9 atau dikurangi 3 sehingga akan didapatkan tanggal taksiran persalinan adalah tanggal 8 (1+7) dan bulan persalinan adalah bulan 10 (01+9), atau 8 Oktober.

Pengukuran usia kehamilan bisa dilakukan secara akurat melalui pemeriksaan ultrasonografi khususnya pada kehamilan trimester pertama (< 3 bulan). Sehingga taksiran persalinan bisa ditentukan secara tepat. Pemeriksaan USG pada usia kehamilan 8 atau 9 bulan tidak dapat menentukan secara tepat taksiran persalinan, namun lebih ditujukan pada parameter-parameter utama untuk menentukan kesejahteraan janin serta posisi janin itu sendiri.

Janin dikatakan cukup bulan pada usia kehamilan 37-40 minggu dan pada saat itulah umumnya terjadinya persalinan. Bila dikonversikan maka persalinan akan terjadi pada bulan ke 8,5 – bulan ke 9. Tanggal taksiran persalinan yang dibuat oleh dokter atau bidan, baik berdasarkan pemeriksaan USG atau dari siklus haid terakhir, akan jatuh pada minggu ke 40 atau 9 bulan 10 hari. Bila melebihi taksiran persalinan tersebut maka resiko terjadinya persalinan post term (lewat waktu) akan meningkat, dimana jumlah air ketuban yang makin sedikit dan bertambah besarnya janin.

Kesimpulannya usia kehamilan bisa ditentukan dari hari pertama haid terakhir dan pemeriksaan USG pada trimester pertama, setelah itu tanggal taksiran persalinan akan dengan mudah ditentukan. Pemeriksaan USG pada kehamilan yang lebih dari 7 bulan tidak akan dengan tepat meramalkan taksiran persalinan. Sehingga sangat disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan USG pada usia kehamilan kurang dari 3 bulan.

Artikel ini ditulis oeh dr. M. Ardian CL, Sp.OG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *