Manfaat Antenatal Care Pada Masalah Kehamilan

Arti dari antenatal care adalah perawatan kehamilan yang terencana, berupa observasi, edukasi dan penanganan medik. Tujuannya untuk memperoleh proses kehamilan yang aman dan memuaskan. Berdasarkan Depkes RI (2010), pelayanan antenatal merupakan pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan terlatih untuk philipp plein pas cher ibu selama masa kehamilannya. Dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan antenatal yang ditetapkan dalam Standar Pelayanan Kebidanan.

Beberapa jenis pelayanan antenatal antara lain meliputi (Carolli et al, 2001):

  1. Permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan secara umum pada ibu hamil. Di samping itu berperan mendeteksi sedini mungkin terhadap risiko tinggi pada kehamilan
  2. Screening untuk mengidentifikasi faktor risiko, upaya pengobatan yeezy pas cher penyakit yang diderita juga untuk mencegah komplikasi, serta intervensi dalam upaya mencegah penyakit yang timbul.

Sedangkan menurut Kusmiyati, Wahyuningsi dan Sujiyatini (2008), pemeriksaan pada masa kehamilan yang dilakukan di rumah sakit atau puskesmas adalah :

Inspeksi

  1. Pemeriksaan pada muka, yang meliputi keadaan selaput mata, lidah, gigi pada ibu hamil.
  2. Leher, memeriksa bila terjadi pembengkakan kelenjar gondok atau kelenjar limfe
  3. Dada, pemeriksaan pada putting susu yang meliputi keadaan putting, gelanggang susu, pigmentasi putting susu dan kolustrum
  4. Pemeriksaan vulva, keadaan perineum, varises, dan pemeriksaan lainnya.
  5. Bagian bawah, diperiksa apakah ada varises, edema, luka dan lain-lain pada lipatan paha.

Palpasi

Pemeriksaan bagian dalam.  Di antaranya pemeriksaan besarnya rahim dan konsistensinya. Selain itu dilakukan pemeriksaan pula pada janin, bagaimana letaknya, presentasinya serta gerakan pada janin.

 

Di dalam prakteknya, standar minimal yang harus dipenuhi dalam pelayanan antenatal antara lain :

  • Penimbangan berat badan
  • Mengukur tekanan darah
  • Mengukur tinggi fudus
  • Pemberian imunisasi TT (Tetanus Toxoid) lengkap
  • Tes terhadap penyakit menular seksual
  • Pemberian tablet zat besi (FE) minimal 90 tablet selama masa kehamilan.

Manfaat antenatal care pada ibu hamil adalah :

  1. Menjaga agar ibu hamil tetap sehat selama masa kehamilan, persalinan dan nifas
  2. Memantau kesehatan dan tumbuh kembang bayi yang ada dalam kandungan dan mengusahakan agar bayi yang dilahirkan sehat.
  3. Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, mental dan sosial ibu serta janin.
  4. Memantau kemungkinan terjadinya resiko-resiko kehamilan dan merencanakan penatalaksanaan yang optimal terhadap kehamilan resiko tinggi.
  5. Mempersiapkan persalinan cukup bulan. Agar ibu bisa melahirkan dengan selamat serta mengurangi kemungkinan terjadinya trauma pada ibu dan bayi sekecil mungkin.
  6. Mempersiapkan ibu untuk menjalani masa nifas dan membimbing ibu memberikan ASI eksklusif.
  7. Mempersiapkan peran ibu dan keluarga terdekat untuk menyambut kelahiran bayi dan tumbuh kembangnya.

Pemeriksanaan lebih dini terhadap ibu hamil, dapat membantu menghindari ibu melalui persalinan yang beresiko tinggi. Fasilitas kesehatan yang lengkap, perawatan antenatal yang dilakukan secara benar, sesuai standar dapat mendeteksi gejala dan tanda yang berkembang dan mengurangi kesakitan serta kematian secara langsung