6 CARA MENGATASI MUAL SAAT HAMIL MUDA

Hamil muda selalu identik dengan mual dan muntah. Mual dan muntah saat hamil atau yang sering disebut morning sickness umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon. Biasanya gejala tersebut terjadi pada trimester pertama kehamilan dan berakhir pada saat kehamilan menginjak bulan keempat. Apakah semua wanita hamil akan mengalami gejala mual dan muntah yang sama? Tingkatan mual dan muntah antara satu wanita dengan lainnya tidaklah sama, ada yang tidak merasakan apa-apa, ada yang mual dan muntah tapi dalam tahap wajar, dan adapula yang mual dan muntah yang parah (hyperemesis gravidarum).

Mual dan muntah saat hamil memang wajar, namun bukan berarti harus dipelihara dan menjadi alasan untuk tidak melawannya. Mual dan muntah membuat ibu tidak berselera makan, padahal kebutuhan nutrisi ibu hamil semakin meningkat seiring perkembangan janin dalam kandungan. Untuk mengatasinya, simak cara mengatasi mual saat hamil muda kenzo pas cher berikut ini :

1. Siasati pola makan

Agar mual dan muntah tidak mengganggu asupan nutrisi ibu hamil, Anda bisa menyiasatinya dengan cara makan dalam jumlah sedikit tapi sering.

2. Perhatikan asupan nutrisi

Kebutuhan gizi ibu hamil semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan, untuk itu pastikan Anda memilih asupan yang bernutrisi.

3. Cukupi kebutuhan cairan

Mual dan muntah terlalu sering membuat Anda kehilangan banyak cairan, untuk itu pastikan cukupi kebutuhan cairan agar terhindar dari risiko dehidrasi.

4. Konsultasi ke dokter

Jangan segan untuk datang dan konsultasi ke dokter kandungan mengenai gejala mual dan muntah yang Anda alami. Biasanya, dokter akan memberikan vitamin untuk mengurangi mual.

5. Banyak istirahat dan minimalkan stress

Stress hanya akan memperburuk kondisi mual dan muntah yang Anda alami. Untuk itu, perbanyak istirahat dan atasi stress dengan cara, antara lain : mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, belanja, dan lain sebagainya.

6. Hindari makanan pedas, berlemak, dan berbumbu tajam

Sensasi mual dan muntah biasanya akan lebih kuat ketika bersentuhan dnegan makanan tertentu, misalnya : terlalu pedas, berlemak, dan berbumbu tajam. Untuk itu, sementara waktu, hindari makanan-makanan penyebab mual dan muntah.
Semoga informasi tentang cara mengatasu mual saat hamil muda diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.