PENTINGNYA MEMPERSIAPKAN KEHAMILAN BAGI CALON PENGANTIN

Mempersiapkan kehamilan selalu identik dengan pasangan suami istri, padahal seharusnya kegiatan tersebut dilakukan jauh sebelum atau menjelang pernikahan. Hem, mungkin masih terdengar asing ya.

Sebenarnya, apa sih yang harusnya dilakukan calon pengantin untuk mempersiapkan kehamilan, dan apa pula tujuannya?

Pemeriksaan pranikah atau premarital check up merupakan salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana kesiapan calon pengantin, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan reproduksi dan keturunan. Dengan menyiapkan diri dengan baik, maka calon ayah dan ibu memiliki kesempatan untuk saling mengenali kekurangan, saling mensupport, dan melangkah bersama demi menyongsong hadirnya keturunan yang sehat dan baik dalam suatu keluarga. Dapat disimpulkan bahwa, premarital check up memiliki beragam manfaat, yang diantaranya :

  • Mengetahui kesiapan calon pengantin dalam menghadapi pernikahan

Kesiapan fisik saja tidak cukup dalam menghadapi pernikahan, karena kesiapan mental jauh lebih penting Bahkan menurut sejumlah riset, disebutkan bahwa kesiapan calon ayah dan ibu sangatlah menentukan kualitas kesehatan ibu dan bayi. Nah, kegiatan premarital check up tentunya akan membuat calon pasangan lebih siap dan matang, karena masing-masing pihak sudah mengetahui kondisi kesehatan pasangan.

1. Mempersiapkan kehamilan sesuai dengan apa yang diimpikan

Kehamilan yang sehat dan lancar hingga persalinan tentu menjadi harapan semua pasangan. Namun kurangnya persiapan membuat beberapapa sangan harus menelan kekecewaan, karena harus mengalami masalah kehamilan (keguguran, janin tidak berkembang, dan lain-lain). Menurut beberapa riset, kesiapan fisik dan mental ibu dalam menghadapi kehamilan dapat menekan angka risiko kematian ibu.

2. Segera mendapatkan solusi jika terjadi suatu permasalahan

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ketika suatu permasalahan sudah terdeteksi sejak dini sebelum pernikahan, maka pasangan suami istri bias bersama-sama mencari solusi.

3. Mendeteksi adanya penyakit yang bersarang pada tubuh pasangan

Pentingnya pemeriksaan sebelum menikah adalah untuk mengetahui apakah ada penyakit yang tengah diderita oleh calon pengantin. Karena ada beberapa penyakit yang dapat mengganggu atau meningkatkan risiko kehamilan, misalnya : penyakit genetik (thalasemia, hemofilia, butawarna, dan lain-lain), penyakit turunan tertentu (hipertensi, diabetes, kelainan jantung, dan lain sebagainya), masalah kesuburan (fertilitas), dan penyakit yang baru diderita (infeksi TORCH, Penyakit menular Seks, misalnya : HIV/AIDS, hepatitis B). Khusus bagi pasangan yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit menular seksual (PMS), premarital check up sangatlah penting dilakukan agar upaya pencegahan dan pengobatan bias segera dilakukan sebelum menjalani kehamilan.

4. Mengubah perilaku dan gaya hidup calon pasangan menjadi lebih baik

Bagi calon pengantin, premarital check up sangatlah penting karena membuat mereka memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana menjadi calon ayah/ibu yang baik, bagaimana agar menghasilkan keturunan yang baik/sehat.Dengan demikian, apa bila calon pengantin memiliki gaya hidup tidak sehat (merokok, minim alkhohol, konsumsi narkoba), maka mereka harus siap merubahnya demi diri, pasangan, dan keturunan yang lebih baik dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *