7 Keajaiban ASI Bagi Buah Hati

Bayi yang diberi ASI setelah 30 menit dilahirkan akan mendapatkan colostrums atau susu pertama dari sang ibu yang sangat baik manfaatnya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi bunda yang baru melahirkan untuk segera menyusui bayinya.

Penelitian menunjukkan, jika bayi yang diberi ASI pada 6 bulan pertama akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibanding bayi yang tidak mendapat ASI. Hasil penelitian lainnya, juga menyebutkan pentingnya memberi ASI hingga bayi berusia 2 tahun. Karena dapat mengurangi resiko terjadinya diare pada bayi. Potensi laktoferin dalam ASI dapat mencegah diare pada anak di bawah dua tahun.

 

Manfaat ASI lainnya yang sangat berguna bagi bayi yaitu :

  • Membantu mencegah konstipasi

Karena bentuk ASI yang berupa cairan, maka ASI sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh bayi dan membantu mencegah feses yang keras akibat kekurangan cairan pada tubuh bayi.

  • Mencegah alergi dan asma

Bayi ketika dilahirkan memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Sedangkan kondisi di dalam rahim berbeda dengan keadaan di luar. ASI akan membantu  daya tahan tubuh bayi mencegah alergi dan asma. Tahukah, bunda? ASI terutama colostrums mengandung zat yang berguna untuk pertahanan tubuh bayi.

  • Bayi lebih cerdas

Semua bunda, menginginkan memiliki anak yang cerdas, bukan? Oleh karena itu, bunda harus rajin memberi ASI minimal 6 bulan, umumnya anak akan lebih cerdas karena memiliki perkembangan otak yang lebih baik.

  • Mengurangi resiko kegemukan dan diabetes

Pemberian ASI yang tepat dapat mengurangi resiko anak mengalami kegemukan atau obesitas serta diabetes tipe 2 di kemudian hari.

  • Mengurangi resiko berbagai infeksi

Organ dan tubuh bayi memerlukan proteksi yang prima karena masih lemah dan sensitif. Penelitian yang dimuat dalam Pediatric Journal 1993, membuktikan jika menyusui eksklusif paling tidak selama 4 bulan pertama, dapat mengurangi kemungkinan bayi terkena infeksi saluran pencernaan dan infeksi saluran pencernaan.

  • Mengurangi resiko kerusakan gigi balita

Susu formula yang ada di adidas yeezy boost pas cher pasaran, mengandung gula yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi pada balita. Bunda, berilah buah hati ASI, karena lebih baik dan dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

  • Membantu mencegah campak dan polio

Pemberian ASI secara eksklusif selama enam bulan bisa memberi kekebalan tubuh bayi dari beberapa penyakit termasuk penyakit campak dan polio. Pencegahan kedua jenis penyakit yang berbahaya bagi anak ini,ternyata tidak hanya melalui imunisasi saja. Tapi pemberian ASI eksklusif dapat menambah perlindungan bagi bayi.

 

Begitu banyak manfaat ASI bagi buah hati, bukan? Mari bunda,  beri bayi kita ASI eksklusif agar tumbuh kembang dan tingkat kecerdasannya lebih maksimal.