6 CARA MENGATASI MUAL SAAT HAMIL MUDA

Hamil muda selalu identik dengan mual dan muntah. Mual dan muntah saat hamil atau yang sering disebut morning sickness umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon. Biasanya gejala tersebut terjadi pada trimester pertama kehamilan dan berakhir pada saat kehamilan menginjak bulan keempat. Apakah semua wanita hamil akan mengalami gejala mual dan muntah yang sama? Tingkatan mual dan muntah antara satu wanita dengan lainnya tidaklah sama, ada yang tidak merasakan apa-apa, ada yang mual dan muntah tapi dalam tahap wajar, dan adapula yang mual dan muntah yang parah (hyperemesis gravidarum).

Mual dan muntah saat hamil memang wajar, namun bukan berarti harus dipelihara dan menjadi alasan untuk tidak melawannya. Mual dan muntah membuat ibu tidak berselera makan, padahal kebutuhan nutrisi ibu hamil semakin meningkat seiring perkembangan janin dalam kandungan. Untuk mengatasinya, simak cara mengatasi mual saat hamil muda kenzo pas cher berikut ini :

1. Siasati pola makan

Agar mual dan muntah tidak mengganggu asupan nutrisi ibu hamil, Anda bisa menyiasatinya dengan cara makan dalam jumlah sedikit tapi sering.

2. Perhatikan asupan nutrisi

Kebutuhan gizi ibu hamil semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan, untuk itu pastikan Anda memilih asupan yang bernutrisi.

3. Cukupi kebutuhan cairan

Mual dan muntah terlalu sering membuat Anda kehilangan banyak cairan, untuk itu pastikan cukupi kebutuhan cairan agar terhindar dari risiko dehidrasi.

4. Konsultasi ke dokter

Jangan segan untuk datang dan konsultasi ke dokter kandungan mengenai gejala mual dan muntah yang Anda alami. Biasanya, dokter akan memberikan vitamin untuk mengurangi mual.

5. Banyak istirahat dan minimalkan stress

Stress hanya akan memperburuk kondisi mual dan muntah yang Anda alami. Untuk itu, perbanyak istirahat dan atasi stress dengan cara, antara lain : mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, belanja, dan lain sebagainya.

6. Hindari makanan pedas, berlemak, dan berbumbu tajam

Sensasi mual dan muntah biasanya akan lebih kuat ketika bersentuhan dnegan makanan tertentu, misalnya : terlalu pedas, berlemak, dan berbumbu tajam. Untuk itu, sementara waktu, hindari makanan-makanan penyebab mual dan muntah.
Semoga informasi tentang cara mengatasu mual saat hamil muda diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

PENTINGNYA MEMPERSIAPKAN KEHAMILAN BAGI CALON PENGANTIN

Mempersiapkan kehamilan selalu identik dengan pasangan suami istri, padahal seharusnya kegiatan tersebut dilakukan jauh sebelum atau menjelang pernikahan. Hem, mungkin masih terdengar asing ya.

Sebenarnya, apa sih yang harusnya dilakukan calon pengantin untuk mempersiapkan kehamilan, dan apa pula tujuannya?

Pemeriksaan pranikah atau premarital check up merupakan salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana kesiapan calon pengantin, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan reproduksi dan keturunan. Dengan menyiapkan diri dengan baik, maka calon ayah dan ibu memiliki kesempatan untuk saling mengenali kekurangan, saling mensupport, dan melangkah bersama demi menyongsong hadirnya keturunan yang sehat dan baik dalam suatu keluarga. Dapat disimpulkan bahwa, premarital check up memiliki beragam manfaat, yang diantaranya :

  • Mengetahui kesiapan calon pengantin dalam menghadapi pernikahan

Kesiapan fisik saja tidak cukup dalam menghadapi pernikahan, karena kesiapan mental jauh lebih penting Bahkan menurut sejumlah riset, disebutkan bahwa kesiapan calon ayah dan ibu sangatlah menentukan kualitas kesehatan ibu dan bayi. Nah, kegiatan premarital check up tentunya akan membuat calon pasangan lebih siap dan matang, karena masing-masing pihak sudah mengetahui kondisi kesehatan pasangan.

1. Mempersiapkan kehamilan sesuai dengan apa yang diimpikan

Kehamilan yang sehat dan lancar hingga persalinan tentu menjadi harapan semua pasangan. Namun kurangnya persiapan membuat beberapapa sangan harus menelan kekecewaan, karena harus mengalami masalah kehamilan (keguguran, janin tidak berkembang, dan lain-lain). Menurut beberapa riset, kesiapan fisik dan mental ibu dalam menghadapi kehamilan dapat menekan angka risiko kematian ibu.

2. Segera mendapatkan solusi jika terjadi suatu permasalahan

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ketika suatu permasalahan sudah terdeteksi sejak dini sebelum pernikahan, maka pasangan suami istri bias bersama-sama mencari solusi.

3. Mendeteksi adanya penyakit yang bersarang pada tubuh pasangan

Pentingnya pemeriksaan sebelum menikah adalah untuk mengetahui apakah ada penyakit yang tengah diderita oleh calon pengantin. Karena ada beberapa penyakit yang dapat mengganggu atau meningkatkan risiko kehamilan, misalnya : penyakit genetik (thalasemia, hemofilia, butawarna, dan lain-lain), penyakit turunan tertentu (hipertensi, diabetes, kelainan jantung, dan lain sebagainya), masalah kesuburan (fertilitas), dan penyakit yang baru diderita (infeksi TORCH, Penyakit menular Seks, misalnya : HIV/AIDS, hepatitis B). Khusus bagi pasangan yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit menular seksual (PMS), premarital check up sangatlah penting dilakukan agar upaya pencegahan dan pengobatan bias segera dilakukan sebelum menjalani kehamilan.

4. Mengubah perilaku dan gaya hidup calon pasangan menjadi lebih baik

Bagi calon pengantin, premarital check up sangatlah penting karena membuat mereka memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana menjadi calon ayah/ibu yang baik, bagaimana agar menghasilkan keturunan yang baik/sehat.Dengan demikian, apa bila calon pengantin memiliki gaya hidup tidak sehat (merokok, minim alkhohol, konsumsi narkoba), maka mereka harus siap merubahnya demi diri, pasangan, dan keturunan yang lebih baik dan sehat.

Jadwal Praktek Dokter

Jadwal Praktek Dokter di Klinik Graha Amani Hari Kamis tanggal 16 April 2015  :

1. Dokter Spesialis Kandungan jam 19.30 wib – selesai pasien.

2. Dokter Spesialis Anak ( dr. Rizqi Rokhmadhoni P, Sp.A) jam 19.30 – 21.00 wib.

Pendaftaran bisa melalui SMS, BBM, atau tlp. SMS 082231212140 / Tlp 031-7871434 / Bbm 52803247 – See more at:

Jadwal Praktek Dokter

Jadwal Praktek Dokter di Klinik Graha Amani Hari Senin tanggal 06 Maret 2015 :
1. Dokter Spesialis Kandungan jam 19.30 wib – selesai pasien.
2. Dokter Spesialis Anak ( dr. Rizqi Rokhmadhoni P, Sp.A) jam 19.30 – 21.00 wib.
Pendaftaran bisa melalui SMS, BBM, atau tlp.
SMS 082231212140 / Tlp 031-7871434 / Bbm 52803247