Bila ketuban pecah, apa yang harus dilakukan?

Keluhan ketuban pecah atau keluar nya air dari kemaluan yang tidak Philipp Plein Pas Cher bisa dikontrol atau merembes sering dikeluhkan oleh ibu hamil, meski tidak disertai kontraksi, baik pada kehamilan prematur ataupun cukup bulan. Sebanyak 5-10 % persalinan didahului oleh ketuban pecah tanpa diikuti tanda persalinan (ketuban pecah dini).
Mengapa selaput ketuban pecah sebelum persalinan?
1. Infeksi Infeksi dalam rahim merupakan kausa utama. Hal ini bisa disebabkan karena infeksi “keputihan” pada vagina yang kemudian berlanjut menginfeksi selaput ketuban.
2. Posisi janin. Posisi janin yang tidak tepat juga meningkatkan risiko terjadinya pecah ketuban, diantarnya : letak sungsang, oblique, lintang ataupun bayi kembar
3. Faktor lain Kekurangan protein dan asap rokok merupakan faktor pencetus ketuban pecah dini

Ciri-ciri ketuban pecah :
1. kejadian mendadak Umumnya terjadi saat beraktifitas, namun beberapa kasus terjadi saat istirahat. 2. Ciri air ketuban Air yang keluar dari vagina, tampak jernih tidak berbau dan kadang disertai butiran putih seperti bedak (verniks).
3. Beda dengan buang air kecil Pada kasus pecah ketuban, keluarnya air tidak bisa dikontrol (buang air kecil bisa dikontrol), kadang merembes, atau kadang keluar dengan cukup deras.

Apa yang harus dilakukan bila mengalami pecah ketuban ?
1. Jangan Panik
2. Segera hubungi dokter
3. Segera ke Rumah Sakit, jangan menunggu kontraksi, karena bila ketuban pecah maka tidak ada lagi selaput yang melindungi janin dari dunia luar
4. Siapkan mental untuk persalinan Bila ketuban pecah maka risiko infeksi pada bayi akan sangat tinggi, oleh sebab itu dokter akan memberikan antibiotika melalui injeksi. Dan bila kehamilan sudah cukup bulan, maka percepatan persalinan menjadi pilihan utama. Umumnya ditunggu beberapa jam dihitung dari saat terjadinya ketuban pecah, untuk memberikan kesempatan proses persalinan alamiah akan terjadi. Namun bila kondisi tidak memungkinkan, misal Ibu demam dsb, induksi persalinan akan dilakukan.
Induksi persalinan (dengan obat pendorong) bisa diberikan bila syarat berikut terpenuhi :
1. Tidak ada kesempitan panggul
2. Bukan bekas operasi caesar
3. Letak bayi normal (kepala ada dibawah dan sudah masuk panggul)
4. Bukan bayi kembar
5. Denyut jantung janin normal Pada beberapa ibu hamil dengan bekas operasi caesar (persalinan sebelumnya caesar) maka bila terjadi ketuban pecah dan tidak diikuti tanda persalinan (kontraksi dan pembukaan mulut rahim) maka percepatan persalinan dilakukan dengan operasi caesar. Kesimpulan, bila terjadi ketuban pecah segeralah hubungi dokter dan bersiaplah untuk dilakukan percepatan persalinan.

Artikel ini di tulis oleh dr. M. Ardian CL, Sp.OG

Jadwal Praktek Dokter

Jadwal Praktek Dokter di Klinik Graha Amani hari senin tanggal 16 Februari 2015 :

  1. Dokter Umum ralph lauren pas cher (dr. Rispa Endah P) jam 15.00 – 18.00 wib.
  2. Dokter Spesialis Kandungan (dr. M. Ardian CL, Sp.OG) jam 19.30 wib – selesai pasien.
  3. Dokter Spesialis Anak ( dr. Rizqi Rokhmadhoni P, Sp.A) jam 19.30 – 21.00 wib.

Ditulis oleh Supartini, S.ST

 

 

KABAR GEMBIRA DI BULAN FEBRUARI

Selamat atas kelahiran bayi :

  1. Ny. Ruhama Daun Luna pada tanggal 13 Februari 2015 jam 05.15 WIB dengan jenis kelamin perempuan, BB 3100 gram, PB 49 cm ditolong oleh Bi Alexander Mcqueen Pas Cher dan Dian dan Bidan Retno di Klinik Ibu dan Anak Graha Amani.
  2. Ny. Rebecca Sari pada tanggal 13 Februari 2015 jam 14.18 WIB dengan jenis kelamin perempuan, BB 3200 gram, PB 51 cm ditolong oleh dr. M. Ardian CL,Sp.OG di Klinik Ibu dan Anak Graha Amani.

 

Artikel ini ditulis oleh Supartini, S.ST

Kencing Manis Dalam Kehamilan

Peningkatan berat badan yang berlebihan khususnya pada kehamilan trimester 2 (4-6 bulan) merupakan salah satu tanda adanya kencing manis dalam kehamilan (Gestasional Diabetes) . Meskipun sebelum hamil tidak didapatkan keluhan ataupun penyakit kencing manis. Umumnya ibu hamil tersebut mengeluh bahwa nafsu makannya bertambah banyak khususnya dalan mengkonsumsi karbohidrat seperti nasi dan camilan lainnya.

Pemeriksaan gula darah saat kehamilan berusia 24-28 minggu menjadi penting sebagai upaya untuk mengkonfirmasi adanya calzoncillos calvin klein baratos peningkatan kadar gula diatas normal. Tes uji saring pertama dilakukan dengan memberikan beban 50 g tanpa puasa, kemudian diperiksa kadar gula darahnya, bila kadar gula darah >135g/dl, maka dilanjutkan dengan tes toleransi glukosa oral dengan puasa 8 jam terlebih dahulu kemudian dilakukan pemberian glukosa 100g dan diambil contoh darah pada jam 0,1,2, dan jam ke 3. Dan bila pada tes toleransi glukosa didapatkan kadar glukosa (gula darah) diatas normal maka pasien tersebut didiagnosa sebagai kencing manis dalam kehamilan (Gestasional Diabet).

Penanganan penderita dengan gestasional diabet pada fase awal adalah dengan mengurangi diit karbohidrat dan lemak serta olah raga. Namun bila dengan terapi tersebut kadar gula darah masih tinggi maka suntikan insulin menjadi pilihan utama.

Dampak gestasional diabet pada ibu adalah meningkatnya resiko terjadinya pre eklampsia/eklampsia (keracunan kehamilan), dan infeksi meningkat. Pada janin bisa terjadi bayi besar sehingga terjadi penyulit saat persalinan maupun pasca persalinan.
Untuk itu perlu diwaspadai bila terjadi peningkatan berar badan yang berlebihan dan segera konsultasikan ke ahli kebidanan.

Artikel ini ditulis oleh dr. M. Ardian CL, Sp.OG

GRAHA VAKSIN AMANI

Buat bunda yang rumahnya daerah Trosobo, Taman, Sidoarjo. Yang biasanya bingung mau imunisasi dimana???? Yuk ke Klinik Graha Amani saja bunda….

Karena di Klinik Graha Amani ada Graha Vaksin Amani….

Di Klinik Graha Amani tersedia berbagai macam imunisasi lho bunda. Diantaranya :

  1. Vaksin Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B
  2. Vaksin Campak untuk mencegah penyakit campak
  3. Vaksin BCG untuk mencegah penyakit TBC
  4. Vaksin DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, tetanus
  5. Vaksin Hib untuk mencegah penyakit Hib (Hemophylus influenza tipe B)
  6. Vaksin PCV untuk pneumonia.
  7. Vaksin Influenza untuk mencegah penyakit flu
  8. Vaksin Hepatits A untuk mencegah hepatitis A
  9. Vaksin polio untuk mencegah penyakit polio
  10. Vaksin Tetatus Toxoid untuk mencegah tetanus
  11. Vaksin Typoid (Typus)
  12. Vaksin Varicella untuk mencegah cacar air
  13. Vaksin untuk mencegah kanker serviks

Untuk bunda yang buah hatinya ingin sekali suntik tetapi dengan berbagai macam vaksin ada juga lho bun,,,,

  1. Vaksin DpaT, Hib, Polio yaitu dengan 1 kali injeksi (3 macam vaksin).
  2. Vaksin DpaT, Hib, Polio dan Hepatitis B yaitu dengan 1 kali injeksi (4 macam vaksin).

Kedua vaksin tersebut jarang menyebabkan panas. So,,, bunda tidak perlu bingung lagi kan….

Kenapa juga harus di Graha Vaksin Amani?

Karena di Graha Vaksin Amani ada kelebihannya bunda, diantaranya….

  1. Pada saat waktunya kontrol untuk kembali imunisasi, bunda tidak perlu mengingat lagi kapan dan tanggal berapa waktunya buah hati bunda imunisasi. Karena bidan di Graha Amani, akan menghubungi bunda untuk mengingatkan jadwal kontrolnya 1 hari sebelumnya.
  2. Setelah imunisasi, keesokan harinya. Bidan Graha Amani akan menghubungi anda untuk menanyakan kondisi buah hati anda setelah diimunisasi. Apakah karena rewel, panas, atau yang lainnya seputar Comprar Calzoncillos Calvin Klein efek samping dari imunisasi. Nah bunda disini, bisa sekalian konsultasi. Di jamin gratis untuk konsultasinya. Hehee,,,,

Biaya ?????

Untuk biayanya yang ada di Graha Vaksin Amani, sudah termasuk jasa injeksi dan konsultasi lho….

Bidan / Dokter Umum / Dokter Spesialis Anak???

Bunda dapat memilih ingin dengan siapa vaksinasinya. Bisa dengan bidan, dokter umum, dan dokter spesialis anak.

Bila ada adidas yeezy boost pas cher pertanyaan lebih lanjut, yuk hubungi Klinik Graha Amani dengan alamat :

Ruko Citra Harmoni RKG 40, Jalan Raya Trosobo KM 19, Taman, Sidoarjo

No Tlp (031) 7871434 / (031) 7871514

No Hp 082231212140

Pin BBM 52803247

 

Artikel ini ditulis oleh Supartini, S.ST